5 Kabupaten Kota Termiskin di Provinsi Banten


Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan, dll.

Kali ini admin akan menunjukkan angkas kemiskinan di Provinsi Banten berdasarkan data BPS tahun 2015. Inilah urutan kabupaten/kota termiskin di Provinsi Banten:

1. Kabupaten Pandeglang 10,43%


Dari tahun 2012-2015 jumlah total desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang mencapai 143 desa. Dari jumlah itu, baru 66 desa saja yang dapat dientaskan dari kemiskinan, sisanya masih ada 77 desa masih tetap miskin.

2. Kabupaten Lebak 9,97%


Daerah termiskin kedua di Provinsi Banten adalah Kabupaten Lebak, sejak dulu sampai sekarang Lebak masih terkenal dengan daerah tertinggal. Meski sudah terbentuk 16 tahun silam, tepatnya tahun 2000, lepas dari Provinsi Jawa Barat tapi kemiskinan masih menelingkupi Provinsi Banten. Survei Badan Pusat Statistik (BPS) Banten 2014 jumlah warga miskin di sana 315. 819 jiwa. Kabupaten Lebak salah satu kantong kemiskinan dengan jumlah 219.177 jiwa.

3. Kabupaten Tangerang 5,71%


Jumlah warga miskin di Kabupaten Tangerang sebanyak 760.199 jiwa pada 2011. Jumlah itu meningkat menjadi 795.252 jiwa di 2015.

4. Kabupaten Serang 5,09%


Usia hampir 5 abad, Kabupaten Serang masih memiliki banyak permasalahan sosial di masyarakat. Permasalahan itu ada di semua sektor, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur dan sosial budaya. Serang Utara misalnya, mengalami keterlambatan pembangunan. Ada 25 gedung sekolah rusak. Sedangkan di Kabupaten Serang terdapat 1.632 gedung sekolah rusak.

Tak cuma itu, Serang Utara sering dieksploitasi alamnya seperti tambang pasir laut. Ada beberapa wilayah di Serang Timur yang lahan pertaniannya dibabat habis untuk kebutuhan industri yang membuat petani kehilangan pekerjaannya.

Kemiskinan, pengangguran, rumah tidak layak huni, pelayanan kesehatan, dan infrastruktur jalan masih banyak yang terkendala.

5. Kota Tangerang 5,04% 


Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Kota Tangerang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah utara dan barat, Kota Tangerang Selatan di sebelah selatan, serta Daerah Khusus Ibukota Jakarta di sebelah timur. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi di provinsi Jawa Barat dan dilalui oleh Jalan Nasional Rute 1.

Kemiskinan di Kota Tangerang terus menurun, ini merupakan keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan program kerjanya. Badan Pusat Statistik menyatakan tingkat kemiskinan di Kota Tangerang mengalami penurunan, yakni dari 5,56 persen menjadi 5,04% persen dalam kurun waktu 2012 hingga 2015.

Program Pemda Kota Tangerang yaitu program bedah rumah dapat berlanjut karena turut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat miskin yang ada di daerah itu. Selain itu, program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Tangerang merupakan upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan secara mandiri.

Lihat Videonya :

Sumber: BPS Banten

Kemiskinan di Banten







EmoticonEmoticon