Pentingnya Komunikasi Non Verbal di Dalam Kehidupan dan Bisnis


Apa yang kalian pikirkan jika mendengar komunikasi nonverbal? isyarat?bahasa tubuh? yaa betul sekali jika kalian memikirkan semua itu 

Komunikasi secara umum dibagi menjadi 2 yaitu :komunikasi verbal dan non verbal ,namun sering banyak anggapan bahwa komunikasi non verbal kurang penting,namun banyak penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50%-90% komunikasi justru berada dibawah di wilayah non-verbal,nah oleh karena ayo kita ketahui apa sih itu komunikasi non verbal?.

Komunikasi nonverbal adalah proses mengirimkan dan menerima informasi secara interpersonal,baik dengan sengaja maupun tidak disengaja,tanpa menggunakan bahasa yang tertulis maupun lisan.

Nah saat ini kalian sudah tahu bukan apa itu komunikasi nonverbal?dalam komunikasi nonverbal ,sinyal nonverbal memainkan tiga peran penting dalam komunikasi yaitu:

Pertama,melengkapi bahasa verbal.Sinyal nonverbal dapat memperkuat pesan verbal(saat sinya nonverbal itu sesuai dengan kata-kata yang digunakan),sinyal nonverbal juga dapat memperlemah pesan verbal (saat sinyal nonverbal itu tidak sesuai dengan kata-kata yang digunakan),atau mengubah kata-kata secara keseluruhan.

Kedua,sinyal nonverbal adalah mengungkap kebenaran.Orang-orang berpendapat bahwa berbohong dengan sinyal nonverbal akan jauh lebih susah. contoh: kalian mungkin mengatakan kepada klien bahwa suatu proyek berjalan dengan baik,tetapi senyum kalian dipaksakan dan terkesan gugup menyampaikan pesan tersebut maka klien dapat melihat apa yang kalian katakan dengan bahasa tubuh kalian memberikan jawaban yang berbeda.

Ketiga,sinyal nonverbal adalah menyampaikan informasi secara efisien.Maksudnya adalah sinyal nonverbal dapat menyampaikan nuansa dan banyak sekali informasi secara instan.

Nah sekarang kalian sudah mengetahui apa itu komunikasi nonverbal dan bagaimana peran komunikasi nonverbal ,yang terakhir kalian perlu mengetahui Sinyal nonverbal meliputi apa saja? .

1. Ekspresi wajah



Wajah anda merupakan bagian dari tubuh yang paling mudah mengekspresikan emosi kalian,wajah kalian mengungkapkan tipe dan intensitas perasaan kalian.Mata kalian terutama sangat efektif menunjukkan perhatian dan minat,memperngaruhi orang lain,mengatur interaksi,dan membangun sifat dominan.

2. Gerak isyarat dan sikap tubuh



Dengan menggerakan atau tidak menggerakkan badan,kalian dapat mengekspresikkan pesan spesifik dan umum,beberapa dengan sengaja dan beberapa dengan tidak sengaja.Misalnya:lambaian tangan-mempunyai maksud khusus dan disengaja.

3.Karakteristik vokal



Suara kalian juga membawa pesan yang disampaikan dengan sengaja atau tidak dengan sengaja.Pertimbangkan kalimat ini"Apa yang telah anda lakukan?" Bila kalian mengulang pertanyaan tersebut,mengubah nada suara kalian dan memberi penekanan pada beberapa kata ,kalian secara sengaja menyampaikan pesan yang berbeda.

4.Penampilan pribadi



Orang merespon orang lain atas dasar penampilan fisik mereka,kadang-kadang adil dan di waktu lain tidak adil.Walaupun tipe badan dan fitur wajah individu mempunyai keterbatasan,kebanyakan orang mampu mengendalikan penampilan mereka sampai tingakt tertentu.Kerapian rambut,berpakaian,aksesoris dan gaya-Kalian dapat mengendalikan semua ini.

5.Sentuhan



Sentuhan merupakan cara penting untuk menyatakan kehangatan,kenyamanan dan penetraman hati.Sentuhan,sebenernya,mempunyai arti yang begitu kuat sehingga sentuhan diatur oleh kebiasaan budaya yang menentukan siapa dapat menyentuh siapa dan dengan cara bagaimana dalama berbagai keadaan.

Nah sekarang kalian sudah jauh lebih memahami apa itu komunikasi nonverbal bukan? komunikasi nonverbal sangat penting sekali lagi ,karena bukan hanya komunikasi verbal yang dibutuhkan saat kalian ada didalam suatu organisasi/perusahaan namun komunikasi nonverbal juga dibutuhkan.Jadi mulai sekarang latih kemampuan komunikasi non verbal kalian karena itu merupakan salah satu hal penting yang dapat menunjang didalam komunikasi bisnis.

Baca Juga ==>Tak Terima di Curangi, Pembalap Ini Kontan Balas Dendam

Komunikasi nonverbal sangat penting karena memiliki pengaruh yang lebih besar daripada komunikasi verbal, isyarat komunikasi nonverbal adalah sangat penting untuk menyampaikan perasaan dan emosi seseorang. Keunggulan komunikasi nonverbal adalah reabilitasnya, hal ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan yang disampaikan. Dengan isyarat nonverbal seseorang dapat mendeteksi kecurangan ataupun menegaskan kejujuran informasi yang diterimanya. 


Mata Kuliah Komunikasi Bisnis
Komunikasi non verbal
Apa itu komunikasi non verbal
Apa pengertian Komunikasi non verbal


EmoticonEmoticon